Oleh: im4nsyah | 2 Maret 2010

Fenomena “Pasar Malam”


Pasar merupakan suatu tempat kegiatan jual beli baik perorangan maupun berkelompok, usaha sendiri maupun atas nama perusahaan. Definisi pasar secara luas menurut W.J. Stanton adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya.

Pada umumnya suatu transaksi jual beli melibatkan produk/barang atau jasa dengan uang sebagai alat transaksi pembayaran yang sah dan disetujui oleh kedua belah pihak yang bertransaksi.

Jenis pasar terdiri atas pasar tradisional dan pasar modern. Pasar Malam termasuk jenis yang mana ?

Pasar Malam adalah suatu fenomena yang kegiatanya  pada malam hari, pada hari-hari tertentu saja,  dilakukan secara perseorangan/individu, tanpa koordinasi yang jelas, pelaku pasarnya terdiri dari pedagang musiman, dan “spesialis” pasar malam. Pasar malam juga termasuk kategori pasar “kaget”. Para pembelinya pun merupakan orang-orang yang pada umumnya bertujuan jalan-jalan malam atau sekedar melihat-lihat saja.

Pada awal terbentuknya pasar malam, menurut saya terjadi karena adanya hajatan pernikahan atau selamatan lainnya yang dihibur oleh dangdutan atau layar tancap.Dengan adanya seperti ini masyarakat sekitar memanfaatkan dengan cara berdagang  kecil-kecilan seperti makanan dan mainan anak-anak. Dengan demikian adanya kesepakatan antarpedangang untuk membentuk pasar malam. Bbarang-barang yang diperdagangkan mulai dari pakaian jadi, perakas, kaset dan cd/vcd, serta makanan. Kini lebih kompleks ditambah dengan sayuran (cabe, kol, bawang dll) ssampai dealer motor/mobil.

Fenomena pasar malam membawa dampak pada masyarakat sekitarnya akan menjadi masyarakat konsumtif dan pedagang dadakan (mencari penghasilan tambahan), serta parkir dadakan pula.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: