Oleh: im4nsyah | 27 Februari 2010

AMUNISI BELAJAR


Tujuan

Pendidikan adalah suatu proses yang sadar tujuan. Maksudya tidak lain bahwa kegiatan belajar mengajar itu suatu pristiwa yang terikat, terarah pada tujuan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan.

Dalam proses belajar, peserta didik harus diberi pandangan yang dapat menyadarkannya akan adanya tujuan yang harus mereka miliki selama belajar.

Suatu acuan ddalam merumuskan tujuan dikenal dengan nama SMART, yaitu specific (jelas), measurable (bisa diukur), achieveable (bisa dicapai), reasonable (masuk diakal), serta time bound (sesuai waktu).

Tingkat Aspirasi

Tingkat aspirasi adalah suatu tingkat perwujudan ataupun pencapaian sesuatu di masa yang akan datang, yang menetukan dan mempolakan usaha-usaha ataupun tindakan-tindakan pribadi seseorang untuk mencapai hal tersebut (Padmowihardjo: 1994). Dengan demikian, tingkat aspirasi itu menjadi semacam tujuan bagi seseorang.

Aspirasi seseorang berhubungan dengan kemajuan yang dicapainya. Artinya, semakin tinggi cita-cita seseorang, akan semakin giat dalam belajar taupun bekerja. Aspirasi akan meningkat ketika seseorang mencapai keberhasilan dan akan menurun bila menemui kegagalan. Maka kewajiban pengajar dalam hal ini adalah membantu peserta didik untuk memiliki aspirasi yang diinginkannya.


Responses

  1. Infonya bagus gan…
    Kunjungi blog saya gan… Thx..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: